Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengecilkan Perut Buncit

Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengecilkan Perut Buncit - Memiliki perut buncit merupakan momok bagi sebagian besar pria dan wanita. Selain memiliki tingkat resiko tinggi terhadap berbagai penyakit. Perut buncit ternyata bisa mengurangi kepercayaan diri anda loh.

Menurut sumber lain, perut tergolong buncit memiliki lingkar pinggang untuk laki laki lebih dari 90 cm, sedangkan untuk perempuan memiliki lingkar pinggang lebih dari 80 cm. Jika lingkar pinggang anda lebih dari angka diatas berarti anda tergolong memiliki perut buncit.

Terdapat berbagai macam penyebab perut buncit dan ternyata tanpa kita sadari kita telah melakukan salah satu penyebab tersebut. Sebenarnya apa saja sih penyebab perut buncit pada wanita dan pria? dan bagaimana cara mengecilkan perut buncit pada wanita dan pria?

Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Cepat

Pengertian Perut Buncit

Perut Buncit atau obesitas abdominal merupakan kumpulan lemak visceral berlebih yang terdapat di abdomen. Obesitas abdominal berkaitan juga dengan penyakit kardiovaskular. Obesitas abdominal tidak hanya ditemukan pada orang tua dan penderita kegemukan saja.

Lemak visceral adalah lemak pelapis organ tubuh atau lemak intra-abdominal, terletak di dalam rongga peritoneum yang berada di antara organ dalam dan torso. Lemak visceral tersusun atas beberapa depot adiposa, meliputi mesenteris, jaringan adiposa, epididimis putih, dan lemak perirenal. 

Para peneliti mulai fokus meneliti obesitas abdominal pada tahun 1980-an saat mereka menyadari bahwa obesitas memiliki kaitannya dengan penyakit kardiovaskular, diabetes, dan dislipidemia. Obesitas abdominal berkaitan erat dengan disfungsi metabolis yang menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Apa Saja Penyebab Perut Buncit Pada Pria dan Wanita?

1. Merokok

Kebanyakan orang mengira bahwa merokok dapat mengurangi berat badan karena dapat mengurangi nafsu makan. Akan tetapi itu tidak benar sama sekali bahkan merokok ternyata bisa menjadi salah satu penyebab perut buncit. 

Asumsi tersebut memang tidak salah, merokok dapat menurunkan nafsu makan tapi taukah kamu ternyata dengan merokok lemak didalam tubuh kita menjadi tersebar dan tertumpuk di dalam perut sehingga membuat perut semakin buncit apalagi merokok memiliki berbagai penyakit yang dapat timbul di dalam tubuh.

2. Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

Penyebab perut buncit yang selanjutnya adalah terlalu banyak mengonsumsi gula. Terlalu banyak mengonsumsi gula atau yang manis-manis dapat menyebabkan lemak menumpuk di dalam tubuh, walaupun enak sih minuman mengandung banyak gula. Menurut riset kita hanya dianjurkan untuk mengonsumsi gula sebanyak 50 gram saja. Mengonsumsi banyak gula juga dapat menimbulkan penyakit seperti obesitas atau kelebihan berat badan.

3. Stress

Kebanyakan orang pasti pernah mengalami tekanan atau stress. Namun stress berlebihan tidak baik untuk tubuh tubuh karena dapat menjadi penyebab perut buncit. Orang stress akan memiliki kadar kartisol lebih tinggi sehingga membuat linggar pinggang lebih besar. Dan usahakanlah kontrol diri anda agar tidak stress dan cobalah untuk rileks.

4. Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol menjadi salah satu penyebab perut buncit. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat membuat perut semakin buncit dan linggar pinggang semakin membesar dikarenakan alkohol memiliki tingkat kalori sangat tinggi. jadi janganlah mencoba konsumsi alkohol berlebihan karena sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat mengalami kecanduan berkepanjangan.

5. Faktor Usia

Ternyata faktor usia juga merupakan penyebab perut buncit, dikarenakan otot-otot didalam tubuh sudah mulai melemah atau melebar. Pelemahan otot-otot tersebut akan menurunkan metabolisme dalam tubuh dalam mengolah kalori. Akibatnya kalori-kalori yang terdapat dalam tubuh tidak tercerna secara maksimal yang membuat kalori-kalori tersebut terkumpul dan membuat bentuk perut tidak terkontrol atau berbentuk.

6. Makan Terlalu Malam

Makan terlalu malam juga merupakan salah satu penyebab perut buncit. Selain membuat sistem organ pencernaan yang seharusnya sudah beristirahat, kemudian kita paksa untuk berkerja lagi sehingga organ tersebut tidak akan berfungsi secara maksimal seperti biasanya.

7. Malas Berolahraga

Malas berolahraga merupakan masalah utama yang dapat menjadi penyebab perut buncit pada wanita dan pria. Dengan malas olahraga dan aktivitas anda hanya makan dan tidur akan membuat lemak di dalam tubuh menumpuk. Maka jangan heran jika perut anda tiba-tiba membesar.

Apa Saja Penyakit Yang Timbul Dari Perut Buncit?

1. Busung Lapar

Salah satu penyakit yang dapat timbul akibat dari perut buncit adalah busung lapar. Penyakit ini sangat mudah Anda kenali, timbul dikarenakan tubuh kekurangan protein. Salah satu ciri orang terkena busung lapar adalah tubuhnya terlihat sangat kurus namun perutnya terlihat buncit.

Perut buncit merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang tidak benar dengan organ pencernaan kita. Bayi dan anak-anak memiliki tingkat resiko paling tinggi terkena penyakit busung lapar, penyakit ini paling banyak dijumpai di pedalaman Afrika. Namun, masih banyak juga kasus-kasus busung lapar terjadi di Indonesia.

2. Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang tidak bisa dianggap remeh, karena penyakit jantung merupakan pembunuh utama di dunia. Memiliki perut buncit berarti anda satu langkah di depan untuk memiliki resiko penyakit jantung karena di dalam tubuh memiliki lemak berlebih sehingga dapat memicu sitokin ke dalam peredaran darah.

Sitokin adalah protein kecil yang dapat mempengaruhi protein lainnya, ketika sitokin beredar dengan cepat maka organ tubuh kita tidak berfungsi dengan baik apalagi sitokin ini menuju jantung untuk menjadi sasarannya, jadi apabila sitokin ini tidak terkontrol maka resiko penyakit jantung ini lebih dekat lagi datangnya kepada kita.

3. Diabetes

Lemak merupakan penyebab utama penyakit diabetes. Kelebihan berat badan merupakan pemicu 95 lebih besar terkena penyakit ini.

Menurut penelitian, orang-orang dengan lemak berlebih mulai kehilangan kepekaan terhadap hormon insulin. Hormon insulin merupakan hormon yang mengatur kadar gula darah kita, jadi ketika tubuh kita tidak merespon, gula dapat merusak sistem kita.

Ketika kadar gula darah kita terus tinggi dari waktu ke waktu, itu artinya mengembangkan potensi diabetes.

4. Kanker

Di antara tumpukan-tumpukan lemak akan dihasilkan senyawa bernama sitokin. Sitokin ini menimbulkan peradangan di dalam tubuh kita. Peradangan ini dapat membuat berubahnya sel-sel sehat menjadi sel-sel kanker.

Jenis kanker yang paling sering terjadi akibat perut buncit adalah kanker kolorektal dan payudara. Para peneliti menemukan bahwa lemak juga menghasilkan zat yang bernama fibroblast growth factor-2 (FG2) lebih banyak dibandingkan dengan lemak subkutan. Keberadaan FG2 ini akan mendorong sel-sel tubuh yang masih normal berubah menjadi sel kanker.

Bagaimana Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Cepat?

1. Rajin Berolahraga

Olahraga merupakan cara paling ampuh untuk mengecilkan perut buncit. Meskipun terlihat mudah tapi banyak orang yang jarang melakukannya. Jika anda jarang berolahraga jangan harap bisa mengecilkan perut buncit.

Olahraga yang dianjurkan yaitu olahraga yang dapat mengeluarkan banyak energi seperti lari, bulu tangkis, renang, sepak bola. Namun bagi anda yang tidak mempunyai banyak waktu, olahraga seperti push up, plank, sit up, dan jalan cepat juga sangat dianjurkan.

Namun, bagi anda yang tetap malas berolahraga anda tetap dapat mengecilkan perut buncit tanpa olahraga

2. Minum Air Putih

Banyak minum air putih juga sangat dianjurkan karena dapat memenuhi asupan tubuh kita dan juga merupakan salah satu faktor yang dapat mengecilkan perut buncit.

Minum air putih dianjurkan sebanyak 8 gelas sehari. Selain itu, air putih dapat membantu menetralisir racun didalam tubuh kita dan dapat melancarkan pencernaan yang terganggu.

3. Menghindari Stress

Menghindari stress juga dapat membantu mengecilkan perut buncit karena dengan menghindari stress otomatis kadar kartisol di dalam tubuh akan turun sehingga berdampak lingkar perut kita tidak terlalu lebar.

4. Hindari Mengonsumsi Alkohol

Menghindari mengonsumsi alkohol dapat membantu anda mengecilkan perut buncit karena di dalam alkohol terdapat kandungan kalori sangat tinggi sehingga apabila kita mengonsumsi alkohol maka otomatis kandungan kalori yang ada di dalam tubuh kita juga sangat tinggi.

5. Minum Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi dan dapat dipercayai mengecilkan perut buncit dan meningkatkan metabolisme. Minum teh hijau yang dianjurkan yaitu 1 kali sehari tanpa gula dan diimbangi dengan olahraga teratur.

Demikianlah artikel tentang penyebab perut buncit dan cara mengecilkan perut buncit dengan cepat. Penyebab perut buncit tersebut hanya yang admin tau saja ya hehehehe... Jangan lupa pula share ke teman - teman anda juga agar mendapatkan manfaatnya.