Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Usus Halus Pada Manusia Lengkap dengan Gambar

Fungsi Usus Halus Pada Manusia - Masih dalam topik bahasan yang sama tentang sistem pencernaan manusia, untuk kali ini saya akan membahas tentang fungsi usus halus pada manusia.

Sejak di bangku SD pasti anda pernah membaca dan mempelajari tentang usus halus. Sebagai organ dalam sistem pencernaan, usus halus memegang fungsi yang cukup penting, seperti memastikan semua zat makanan (karbohidrat, protein, dll) dapat tercerna dengan baik.

Usus halus terletak di antara lambung dan usus besar. Usus ini juga memiliki 3 bagian, yaitu usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejunum), dan usus penyerapan (ileum). Namun, untuk kali ini kita tidak akan membahas bagian dari usus halus, melainkan fungsi dari usus halus.

Pada orang dewasa usus halus atau biasa disebut usus kecil memiliki panjang sekitar 6 meter dan memiliki diameter sebesar 2,5 cm. Nah, bagaimana fungsi usus halus pada manusia terutama dalam sistem pencernaan?

Berikut ini fungsi usus halus yang telah dirangkum oleh Sumberin.com dari berbagai sumber yang ada.


Fungsi Usus Halus Pada Manusia

Dalam sistem pencernaan manusia, proses pencernaan terbagi menjadi 2 tahap. Tahap pertama terjadi di organ mulut dan lambung. Pada tahap pertama dilakukan secara mekanik dengan proses pengunyahan, penghancuran, dan pengadukan makanan. Sedangkan, pada tahap kedua terjadi di organ usus halus yang dilakukan secara kimiawi dengan proses pencernaan yang menggunakan berbagai enzim, seperti lipase untuk lemak, tripsin untuk protein, dan amilase pankreatik untuk mencerna karbohidrat.

1. Penyerapan Nutrisi

Usus halus berfungsi untuk menyerap nutrisi dari zat makanan maupun minuman yang masuk kedalam tubuh. Dilansir dari Sehatq, 90% zat makanan yang telah masuk ke dalam tubuh akan diserap di organ ini. Nutrisi yang telah diserap oleh usus halus, kemudian akan diedarkan ke seluruh tubuh.

2. Menetralkan Makanan

Fungsi usus halus yang berikutnya adalah menetralkan makanan. Fungsi ini terjadi di bagian duodenum dalam usus dua belas jari dengan mengeluarkan hormon secretin. Hormon ini berfungsi untuk membuat sejumlah natrium bikarbonat yang bersifat asam.

Makanan yang telah diproses di lambung akan bersifat asam sehingga ketika makanan tersebut masuk ke dalam usus halus hormon secretin akan bekerja dengan menggunakan zat yang mengandung bikarbonat dan asam akali.

3. Menyerap Air dan Elektrolit

Pada usus halus air akan diserap sebanyak 80% sebelum dialirkan ke usus besar. fungsi dari penyerapan air ini adalah untuk memadatkan makanan. Selain itu, penyerapan zat elektrolit juga akan dilakukan di usus halus dengan menggunakan mekanisme yang disebut transpor aktif dan difusi.

4. Membantu Imunitas

Fungsi usus halus tidak hanya menyerap dan mencerna makanan saja, melainkan juga dapat membantu imunitas tubuh. Flora usus yang terdapat pada usus halus memberikan kontribusi yang positif bagi tubuh. Pada bagian ini juga yang menghasilkan antigen untuk melawan bakteri atau zat berbahaya yang terbawa oleh makanan saat dicerna oleh tubuh kita.

5. Memproduksi Zat Penting

Usus halus memiliki bagian yang dinamakan usus dua belas jari, yang di dalamnya terhubung ke 2 saluran empedu dan pankreas. Saluran empedu memiliki fungsi untuk mengubah lemak menjadi emulsi. Sedangkan, saluran pankreas berfungsi untuk memecah zat-zat lemak, karbohidrat, dan protein menjadi bentuk-bentuk yang mudah diserap oleh tubuh.

Gambar Usus Halus

Fungsi Usus Halus Pada Manusia Lengkap dengan Gambar

Demikianlah artikel tentang fungsi usus halus pada manusia dan gambar usus halus. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membacanya.